cover
Contact Name
Muhammad Nasir
Contact Email
jurnalalkhidma@gmail.com
Phone
+6285251613000
Journal Mail Official
jurnalalkhidma@gmail.com
Editorial Address
Badan Penelitian Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STIQ AMUNTAI Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara Kabupaten Hulu Sungai Utara, Provinsi Kalimantan Selatan
Location
Kab. hulu sungai utara,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Al Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat
ISSN : -     EISSN : 28077903     DOI : https://doi.org/10.35931/ak
Al Khidma adalah jurnal pengabdian masyarakat yang diterbitkan oleh Badan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (BPPM) STIQ Amuntai. Jurnal Al Khidma memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu-ilmu di bidang pengabdian kepada masyarakat. Lingkup bidang pengabdian kepada masyarakat antara lain meliputi pelatihan, desain, pemberdayaan masyarakat, akses sosial, daerah perbatasan, daerah kurang berkembang, dan pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan. Pengabdian kepada masyarakat berisi berbagai kegiatan penanganan dan pengelolaan berbagai potensi, kendala, tantangan, dan masalah yang ada di masyarakat. Pelaksanaan kegiatan pengabdian juga melibatkan partisipasi masyarakat dan mitra. Kegiatan pengabdian tersebut disusun dalam suatu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tujuan dari publikasi jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan pemikiran konseptual atau ide-ide yang telah dicapai di bidang pengabdian kepada masyarakat.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2, No. 2 Juli 2022" : 5 Documents clear
Pengembangan Peserta Didik Dan Kurikulum PAI di Sekolah Umum Afrahul Fadhila Daulai; Jauharah Jilan Situmorang; Nabila Yun Afifah; Khoiriya Sari; Gilang Hizbullah; Zulkarnain Zulkarnain
Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2, No. 2 Juli 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35931/ak.v2i2.1288

Abstract

Undang-undang Pendidikan Nasional, terdapat 4 pasal dan 10 ayat yang berbicara tentang kurikulum, yaitu: Pasal 36 ayat 3, yaitu: kurikulum disusun sesuai dengan jenjang pendidikan dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan memperhatikan: Meningkatkan Iman dan Kesalehan; Meningkatnya Akhlak Mulia; Peningkatan Potensi, Kecerdasan, dan Minat Siswa; Keanekaragaman Potensi Daerah dan Lingkungan; Dan tuntutan Pembangunan Daerah Nasional; Tuntutan tempat kerja; Perkembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni; Agama; Dinamika Perkembangan Global; Dan Persatuan Bangsa dan Nilai Kebangsaan. Pendidikan Nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan pembentukan watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, ditujukan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, terampil, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab, salah satunya melalui Pendidikan Agama Islam.
Festival Anak Shaleh STIQ (FASTIQ) Desa Awayan Hilir Kabupaten Balangan Syarifuddin Syarifuddin; Maryam Nurhafidzah; Nor Halidah; Winda Winda; Rahmita Rahmita
Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2, No. 2 Juli 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35931/ak.v2i2.760

Abstract

Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini bertujuan untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat di desa Awayan Hilir. Melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) diharapkan memberikan semangat dan motivasi terhadap anak-anak dalam menghadapi pandemi covid-19 ini. Festival Anak Shaleh STIQ (FASTIQ) diadakan selama satu hari sekaligus dengan acara pembagian hadiah diakhir acara. Lomba yang disertakan ada empat: lomba tahfidz, lomba tartil, lomba adzan dan lomba fashion show. Kegiatan lomba ini dapat memberikan dorongan kepada anak-anak agar kembali semangat dan bergembira serta melatih kemampuan bersosialisasi terhadap sesama, selain itu juga lomba Festival Anak Shaleh STIQ (FASTIQ) akan sangat memberikan dampak positif terhadap anak-anak agar berusaha lebih melatih kemampuan dibidangnya masing-masing.
Pengabdian Kepada Masyarakat “Moderasi Beragama Untuk Penguatan Karakter Bangsa Di Tingkat Remaja Pada SMAN 2 Martapura Kalimantan Selatan” Muhammad Ihsanul Arief; Maisarah Maisarah; Gt. Muhammad Irhamna Husin; Mailita Mailita; Noor Ainah; Muchamad Yusuf; Hisyam Ramadhan
Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2, No. 2 Juli 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35931/ak.v2i2.1458

Abstract

Indonesia adalah negara yang multiagama dan multietnis. Keragaman negara ini memberi gambaran bahwa negara kepulauan ini memiliki kekayaan yang tidak dimiliki negara lain. Hubungan harmoni antar masyarakat harus kita jaga sebaik-baiknya agar jati diri bangsa ini memiliki marwah di mata dunia Internasional. Potensi ancaman kelompok ekstrim yang mengarah pada sikap radikal harus diantisipasi sejak dini. Para remaja harus dipersiapkan agar menjadi bagian yang mampu membentengi paham radikal yang tidak sejalan dengan ajaran agama yang moderat. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh tim dosen merupakan bentuk sosialisasi dengan tema “Moderasi Beragama Untuk Penguatan Karakter Bangsa Di Tingkat Remaja Pada SMA Negeri 2 Martapura, Kalimantan Selatan”, yang memberikan kontribusi pemahaman terhadap siswa/siswi tingkat remaja. Pemahaman moderasi beragama bukan hanya sekeder konsep, tetapi.harus mengarah pada pengamalan dalam hidup sehari-hari. Ukuran keberhasilan dari kegiatan pengabdian ini dapat terukur dari hasil respon siswa dan siswi terhadap kemudahan dalam memahami materi dibuktikan dengan 32.8% menjawab sepakat atau bisa mereka pahami dengan baik. Dan sebanyak 25.4% menjawab sangat sepakat atau sangat mudah mereka pahami. Berikutnya respon terkait seberapa besar potensi materi yang telah disampaikan dapat diterapkan  melalui hasil respon jawaban “ya” sebanyak 77.7%. Terkait relevansi materi siswa dan siswi menjawab setuju sebanyak 33.4%, dan partisipan yang menjawab sangat setuju sebanyak 34.1%. Terakhir, respon siswa dan siswa terkait manfaat kegiatan, katagori sangat setuju yaitu sebanyak 64.1% . Siswa dan siswi yang menjawab setuju 23.3%. Semua respon jawaban memberikan kesimpulan materi moderasi beragama dapat dipahami dan diamalkan siswa dan siswi kalangan remaja. Hal demikian memberikan energi positif untuk selalu dilaksanakan kegiatan ini. Selain itu mereka pada hakikatnya penerus bangsa ini pada generasi selanjutnya. Jika tidak sekarang mereka dipupuk dengan paham cinta tanah air dan berbangsa yang setia, maka sulit kita banyangkan bagaimana Indonesia di masa depan.
Usaha Pemberdayaan Masyarakat Melalui Digital Marketing Berbasis Perekonomian Di Desa Wonorejo Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar Desy Anindia Rosyida; Rima Vera Zubaidah; Ivandio Ramadhan Permana; Ilyas Nur Adiyanto
Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2, No. 2 Juli 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35931/ak.v2i2.1434

Abstract

AbstrakMahasiswa Universitas Islam Balitar Blitar melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Wonorejo Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar khususnya di dukuh Gempol Kenceng. Kuliah Kerja Nyata (KKN) dilakukan mulai tanggal 10 Agustus hingga 8 September 2022. Mahasiswa KKN UNISBA melakukan berbagai program kerja yang sangat bermanfaat diantaranya di bidang pendidikan yaitu melakukan dan membantu proses belajar mengajar untuk siswa–siswi SDN Wonorejo 2 kemudian juga ikut serta dalam perayaan HUT RI Ke-77 di SDN Wonorejo 2 dengan berbagai kegiatan mulai dari upacara bendera hari kemerdekaan RI hingga mengadakan lomba–lomba yang diadakan di SD tersebut. Kemudian di bidang UMKM membantu proses penjualan melalui market place serta lebih memudahkan konsumen dalam melakukan proses jual beli di berbagai daerah mulai dari dalam kota hingga luar kota juga luar negeri. Tujuan dari kegiatan ini Mengembangkan dan menerapkan serta menularkan ilmu yang telah di dapat oleh masyarakat kepada masyarakat dalam kegiatan–kegiatan KKN di Desa Wonorejo. Menciptakan hubungan baik antara institusi dengan masyarakat khususnya Desa Wonorejo. Memberikan sebuah pemahaman akan dunia yang setiap tahunnya mengalami perubahan. Membantu masyarakat memulihkan ekonomi berbasis teknologi. Metode yang digunakan observasi langsung dilingkungan masyarakat. Strategi yang digunakan adalah pendekatan kepada masyarakat setempat. Kesulitan yang dialami adalah  belum ada pemasaran digital dan pembelajaran yang kurang menarik bagi siswa. Hasil dari kegitan adalah Mahasiswa membuat akun media sosial berupa instagram dan membuat content yang akan diunggah untuk melakukan pemasaran berbasis teknologi. Mahasiswa memberikan pengalaman dalam kegiatan mengajar. Selain itu, membantu pihak sekolah dalam penataan ulang lingkungan sekolah.Kata Kunci: Usaha, Pemberdayaan Masyarakat, Digital Marketing, Perekonomian 
Diseminasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Bagi Guru Di SD Negeri Togogan 02 Kabupaten Blitar Ida Putri Rarasati; Desy Anindiya Rosyida
Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2, No. 2 Juli 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35931/ak.v2i2.1494

Abstract

AbstrakMotivasi dan kreativitas siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dapat ditumbuhkan oleh guru melalui berbagai cara diantaranya dengan menggunakan media pembelajaran yang bervariatif dan menarik. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk melatih guru di SD Negeri Togogan 02 agar dapat meningkatkan kemampuan dalam mengoperasikan computer dan selanjutnya dapat membuat media pembelajaran berbasis teknologi secara mandiri. Adapun metode pengabdian yang digunakan adalah dengan menakulan observasi awal, memberikan pelatihan dan pendampingan, serta memonitoring dan mengevaluasi perkembangannya.  Materi pelatihan yang diberikan kepada guru diantaranya pembuatan dan prosedur penggunaan media Mengenal Mata Uang (MAWANG), Materi Game Pecahan (MAGECAH), Belajar Bangun Datar (LABADA) dan Aplikasi Cerita Blitar (Si Cetar). Proses pelatihan diawali dengan penyampaian materi dan praktek, kemudian dilanjutkan dengan pendampingan kepada guru selama dua minggu, monitoring dan evaluasi dilakukan selama satu minggu setelah pendampingan untuk mengukur tingkat kemajuan ketrampilan guru.Kata Kunci : Diseminasi, Media Pembelajaran, Berbasis TeknologiAbstractThe motivation and creativity of students in participating in learning activities can be grown by the teacher in various ways including by using varied and interesting learning media. The purpose of this community service activity is to train teachers at public elementary school Togogan 02 so they can improve their ability to operate computers and then be able to make technology-based learning media independently. The service method used is to carry out initial observations, provide training and assistance, as well as monitor and evaluate developments. The training materials provided to teachers included the creation and procedures for using Know Currency media (MAWANG), Fractional Game Materials (MAGECAH), Learning Flat Shapes (LABADA) and Blitar Story Applications (Si Cetar). The training process begins with the delivery of material and practice, then continues with mentoring the teacher for two weeks. Monitoring and evaluation is carried out for one week after the mentoring to measure the progress of the teacher's skills.Keyword: Dissemination, Learning Media, Technology Based

Page 1 of 1 | Total Record : 5